Mengenal Platform OJS bagi Perguruan Tinggi

Jasa Pembuatan Jurnal OJS

Share:

Sistem Jurnal Terbuka (Open Journal System atau OJS) adalah platform perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan mempublikasikan jurnal ilmiah secara elektronik. OJS dirancang khusus untuk membantu kampus atau lembaga akademik dalam mengelola proses penerbitan jurnal mereka.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengimplementasikan OJS di kampus:

1. Persiapkan infrastruktur: Pastikan kampus memiliki infrastruktur yang memadai untuk menjalankan OJS, termasuk server web, basis data, dan ruang penyimpanan yang cukup.

2. Unduh dan instalasi OJS: Unduh paket instalasi OJS dari situs web resmi Open Journal Systems (https://pkp.sfu.ca/ojs/). Ikuti panduan instalasi yang disediakan untuk menginstal OJS di server kampus.

3. Konfigurasi awal: Setelah menginstal OJS, lakukan konfigurasi awal. Tentukan pengaturan dasar seperti nama situs, logo, dan alamat email yang akan digunakan untuk komunikasi jurnal.

4. Buat jurnal dan pengguna: Buat jurnal-jurnal yang akan dikelola oleh sistem. Setiap jurnal memiliki editor, penulis, dan reviewer yang berbeda. Tambahkan pengguna dan tentukan peran mereka dalam sistem.

5. Desain tata letak: Sesuaikan tata letak situs web OJS sesuai dengan preferensi kampus dan jurnal-jurnal yang dikelola. Anda dapat menyesuaikan tema, warna, dan elemen desain lainnya.

6. Kelola proses penerbitan: OJS memiliki fitur-fitur untuk mengelola seluruh proses penerbitan, termasuk pengajuan artikel, proses review, pengeditan, dan penerbitan akhir. Pastikan setiap langkah telah dikonfigurasi sesuai dengan kebijakan kampus dan jurnal-jurnal yang terkait.

7. Integrasi dengan indeks dan basis data: OJS mendukung integrasi dengan berbagai indeks dan basis data yang penting untuk jurnal ilmiah. Pastikan untuk menghubungkan OJS dengan indeks yang relevan dan mengatur metadata dengan benar.

8. Pelatihan pengguna: Lakukan pelatihan kepada para pengguna (editor, penulis, dan reviewer) agar mereka dapat menggunakan OJS dengan baik. Berikan panduan penggunaan, tutorial, dan dukungan teknis yang diperlukan.

9. Manajemen konten: Kelola konten jurnal, termasuk artikel, abstrak, edisi jurnal, dan arsip. Pastikan untuk memastikan bahwa semua konten yang dipublikasikan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

10. Pemeliharaan dan pembaruan: Perbarui OJS secara berkala dengan versi terbaru dan lakukan pemeliharaan rutin untuk menjaga kinerja sistem.

Implementasi OJS di kampus dapat membantu mengotomatisasi dan menyederhanakan proses penerbitan jurnal, meningkatkan aksesibilitas artikel ilmiah, dan meningkatkan reputasi kampus dalam komunitas akademik.

Miliki portal jurnal OJS yang diolah sendiri untuk kampus atau institusi Anda. Tim Metro Futuristik siap membuatkan platform jurnal berbasis Open Journal System.
– Keamanan Data
– Hosting Super
– Domain Opsional
– Biaya Terjangaku
– Tampilan Premium

Kami juga melayani Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi.
Hubungi:
087795470135
085604692729

Artikel Lainnya